Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Yang Bergetar Keras

Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bergetar Keras - Hai kawan, berjumpa kembali dengan saya si tukang servis mesin cuci. Pada kesempatan yang lalu saya telah membahas mengenai Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor. Selain masalah kebocoran baik pada tabung maupun pada karet tabung, mesin cuci juga kadang sering bermasalah dengan getaran yang kelewat kencang.

Cara kerja mesin cuci memang memutar pakaian agar bersih. Nah, masalahnya mesin cuci yang sudah berumur rentan bermasalah dengan putaran saat sedang digunakan untuk mencuci. Putaran tersebut menimbulkan getaran yang kadang terlalu kencang.

Sebagian orang merasa tidak nyaman dengan getaran mesin cuci yang terlalu kencang karena biasanya getaran tersebut membuat mesin cuci menjadi bising dan berisik. Pada kasus tertentu getaran mesin cuci yang terlalu kuat juga membuat posisi mesin cuci menjadi begeser sehingga mesin cuci bisa berpindah sendiri karena efek dari getaran mesin cuci tadi.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Yang Bergetar Keras
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Yang Bergetar Keras

Pada mesin cuci yang sudah berumur dan lama dipakai, hal ini tentu dapat dikatakan wajar karena tentunya sudah banyak bagian dan komponen mesin cuci yang sudah mulai berkarat dan mulai aus. Penyebab dari komponen yang rusak dan aus tentu sangat bervariasi misalnya karena terlalu sering mencuci dan mengeringkan pakaian dalam jumlah berlebih.

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI YANG BERGETAR TERLALU KERAS


Cara mengatasi mesin cuci yang bergetar keras yang pertama yaitu Anda dapat meletakan mesin cuci pada tempat yang datar. Coba goyangkan bodi mesin cuci, pastikan posisinya sudah tidak goyang. Jika sudah yakin, cobalah nyalakan mesin cuci lalu masuk ke mode spin. Periksa apakah mesin cuci masin bergetar keras dan menimbulkan bunyi yang keras?

Jika mesin cuci masih bergetar Anda dapat mematikan mesin cuci dan mencari tau cara memperbaiki mesin cuci yang bergetar dan bunyi kletek-kletek. Sekarang cobalah periksa bagian tabung mesin cuci. Coba goyang-goyang bagian tabung untuk mengecek apakah lakernya goyang atau tidak.

Kalau ternyata tabung bagian dalamnya goyang, berarti biasanya ada masalah dengan laker. Nah, solusi paling mudah ialah dengan melepas tabung dan mengganti laker yang bermasalah. Dengan begitu masalah Anda akan selesai.

Nah, namun jika kondisi tabungnya baik-baik saja, tidak bergoyang, berbarti lakernya tidak ada masalah. Masih pada bagian tabung, Anda dapat mengecek dengan cara yang lain. Cobalah tekan-tekan tabung bagian dalam, apakah mau mau ngeper? Apakah saat ditekan masih bisa naik turun dengan luwes dan empuk? Kalau sudah tidka mau ngeper, berarti ada masalah per atau shock gantun pada tabung.

MEMPERBAIKI MESIN CUCI YANG BERGETAR KERAS KERENA MASALAH PER TABUNG


Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang bergetar keras karena per atau sok nya sudah mati? Berarti Anda harus sedikit membongkar pasang mesin cuci Anda.

Pada kasus ini, mesin cuci yang bermasalah adalah mesin cuci dengan bukaan atas atau top load. Jadi langkah pertama ialah melepas tutup mesin cuci bagian atas lalu lepaslah sok atau per gantung beserta besi panjangnya. Cara mudah melepasnya ialah dengan mengangkat tabung mesin cuci, lalu lepaskan per dari dudukan kemudian angkat.

Saran dari saya, sebaiknya Anda melepasnya secara bertahap. Lepas satu dulu, lalu periksa per tersebut. Apakah masih berfungsi dengan baik? Apakah berkarat? Biasanya penyebab mesin cuci bersuara keras dan berisik karena per sudah tidak berfungsi. Coba tekan-tekan per tadi, jika seret Anda dapat menggunakan oli untuk melumasinya.

Bagaimana Mengatasi Mesin Cuci Yang Berisik Dan Bergetar
Bagaimana Mengatasi Mesin Cuci Yang Berisik Dan Bergetar

Oli yang baik untuk melumasi per mesin cuci ialah oli rem. Lumuri per dan as beserta selongsongnya sambil ditekan-tekan agar dapat berfungsi kembali dengan baik.

Setelah satu per beres, Anda dapat memasangnya kembali. Kemudian barulah Anda lepas per berikutnya. Lakukan satu per satu secara bertahap agar lebih mudah. Terutama bagi Anda yang masih awam dan baru pertama kali membongkar mesin cuci.

Nah itulah tadi ulasan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Yang Bergetar Keras Dan Menimbulkan Suara Keras. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat. Bagi Anda yang ingin ganti mesin cuci, yuk segera cari tau bentuk mesin cuci model terbaru beserta dengan harga mesin cuci terbaru sebagai bahan referensi!