Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor - Halo teman-teman semuanya, berjumpa kembali dengan saya tukang servis mesin cuci. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor. Saat ini, jumlah pengguna mesin cuci semakin banyak. Hal ini nyata-nyata saya lihat sendiri di desa saya. Mulai banyak ibu rumah tangga yang tadinya mencuci baju secara manual menggunakan tangan, sekarang beralih menggunakan mesin cuci.

Menggunakan mesin cuci sedikit banyak memang membantu meringankan beban para ibu rumah tangga, terlebih mereka yang memiliki anak kecil tentu sering ganti baju dan celana. Ataupun untuk para ibu rumah tangga yang juga bekerja membantu perekonomian keluarga, tentu peran mesin cuci dapat menghemat waktu dan tenaga.

Namun menggunakan mesin cuci bukan tanpa masalah lho. Seperti salah seorang teman saya yang mesin cucinya bocor. Anda juga mengalaminya? Yuk simak terus artikel Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Front Load Yang Bocor
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Front Load Yang Bocor

Jadi ada salah seorang teman saya yang memiliki mesin cuci. Nah setiap kali mesin cuci digunakan, pasti ada air yang keluar dari bagian bawah mesin cuci. Tentu hal ini sangat tidak menyenangkan, karena lantai ruangan menjadi basah. Selain itu air tersebut dapat menimbulkan konslet, jadi sangat berbahaya. Lantas teman saya ini bingung memikirkan bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang bocor.

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI YANG BOCOR


Bagi Anda yang mengalami hal yang sama, jangan khawatir dahulu. Tetaplah bersikap tenang agar masalah Anda dapat diselesaikan dengan tepat. Yuk kita mulai pembahasan mengenai cara memperbaiki mesin cuci yang bocor ini!

Jadi, untuk memperbaiki mesin cuci yang bocor, kita harus tau dimana letak kebocorannya. Apakah di tabungnya? Atau dibagian yang lain? Oleh karena itu, cobalah untuk mengisi mesin cuci Anda dengan air, lalu nyalakan mesin cuci tersebut. Cobalah untuk mengamati dari mana air bocor tersebut keluar.

Pada kasus teman saya terdapat 2 kebocoran. Kebocoran yang pertama letaknya di karet sekat antara pintu dan tabung. Dan kebocoran kedua ada pada pipa karet dibawah tabung. Nah, sekarang kan sudah ketahuan dimana letak yang bocor. Kini tinggal menangani bagaimana agar mesin cuci tersebut tidak bocor lagi.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Yang Karet Tabungnya Bocor
Cara Mengatasi Mesin Cuci Yang Karet Tabungnya Bocor

Cara memperbaiki mesin cuci yang bocor seperti permasalahan diatas sebenarnya sangat mudah. Caranya yaitu tinggal diganti saja karet-karet yang bocor. Namun pada kasus ini teman saya tidak memiliki anggaran dana untuk mengganti karet tabung yang bocor dengan spare part yang baru.

Karena keterbatasan itulah, kita mesti menjadi orang yang kreatif. Salah satu cara memperbaiki mesin cuci yang bocor pada karet tabung seperti yang dialami teman saya, ya paling coba diatasi sendiri. Bagaimana cara memperbaik mesin cuci yang bocor pada tabung dan karetnya? Inilah dia caranya!

MEMPERBAIKI MESIN CUCI YANG BOCOR DENGAN MUDAH


Mesin cuci teman saya termasuk dalam jenis mesin cuci front load atau mesin cuci dengan pintu disamping. Agar leluasa untuk memperbaiki kebocoran, lebih baik lepas saja panel depan dan modul lalu karet sil pintunya juga. Sekarang coba perhatikan baik-baik dimana letak yang bocor tadi.

Sudah ketemu? Pada kasus teman saya, yang bocor adalah karetnya, jadi bukan tabung yang bocor ya. Gunakan kreativitas Anda! Untuk menambal karet mesin cuci yang bocor, kita bisa gunakan cara penambal ban motor.

Cara memperbaiki mesin cuci yang bocor pada bagian karetnya yaitu dengan dikerik bagian luar karet. Tambalah dengan potongan karet yang biasa digunakan para penambal ban. Anda dapat membeli dibengkel motor, bilang saja beli karet yang dipotong kecil-kecil yang biasanya digunakan untuk menambal ban motor.

Kalau tidak ada, langsung saja menuju bengkel motor terdekat, lalu beli satu atau dua potong karet penambal karena Anda memang tidak perlu banyak-banyak. Cukup 1 atau 2 untuk menambal karet mesin cuci yang bocor.

Potonglah potongan karet penambal ban ke dalam bentuk yang lebih kecil. Sesuaikan dengan besar kecilnya lubang bocor pada karet mesin cuci. Sebaiknya potongan karet penambal lebih besar sedikit dari pada lubang yang akan ditambal. Lantas bagaimana cara agar karet penambal bisa menempel pada saluran karet mesin cuci? Caranya cukup sederhana, panaskan saja karet penambal agar bisa merekat kuat pada karet mesin cuci. Nah, untuk yang satu ini Anda harus melakukannya dengan hati-hati.

BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI YANG BOCOR?


Untuk memanasi karet, yang Anda perlukan ialah satu buah solder dan kertas aluminium (bisa juga menggunakan grenjeng rokok). Jadi tahapan memperbaiki mesin cuci yang bocor yaitu tempelkan karet penambal pada saluran karet mesin cuci yang bocor. Kemudian letakan kertas aluminium atau grenjeng rokok diatasnya. Panaskan solder, setelah panas gunakan batang pipa soldernya untuk menekan grenjeng kertas aluminum.

Perhatikan, gunakan sisi batang pipa soldernya ya, bukan menggunakan ujung mata solder yang runcing. Tekan beberapa menit agar karet penambal benar-benar merekat pada karet mesin cuci yang bocor. Jika perlu, periksa apakah sudah mereka atau belum. Jika belum merekat, Anda dapat menekan kembali sisi batang solder ke atas grenjeng tadi.

Penggunaan grenjeng disini ialah untuk melapisi agar panas dari solder tidak langsung mengenai karet mesin cuci. Karena jika langsung terkena, karet mesin cuci malah bisa lubang, dan kebocoran bisa semakin parah. Namun, meskipun sudah dilapisi grenjeng kertas aluminum, Anda harus tetap bekerja dengan hati-hati agar solder tidak mengenai komponen mesin cuci yang lain.

Nah, setelah tambalan sudah merekat kuat, kini tinggal menambal di tempat yang lain dengan menggunakan cara memperbaiki mesin cuci yang bocor seperti yang sudah dijelaskan diatas. Selesai! Kini saatnya memasang kembali bagian-bagian mesin cuci yang sebelumnya dilepas untuk memudahkan Anda dalam bekerja.

Pastikan semua komponen terpasang dengan benar seperti semula. Jika sudah, Anda dapat mencoba mengisi mesin cuci dengan air dan mengoperasikannya kembali. Pastikan sudah tidak ada kebocoran ditabung mesin cuci maupun dikaret saluran mesin cuci. Bagi Anda yang sudah bosan dengan mesin cuci lama, ingin ganti dengan mesin cuci yang baru, yuk lihat-lihat koleksi mesin cuci terbaru beserta harga mesin cuci terbaru sebagai bahan referensi!